Sabtu, 26 Januari 2019

Jalan- Jalan Sehat KKN 50 UTM Bersama Masyarakat Desa Buddagan

0 komentar
Jalan- Jalan Sehat  KKN 50 UTM Bersama Masyarakat Desa Buddagan

Pamekasan - Mahasiswa KKN Tematik UTM telah melaksanakan program kegiatan di Desa Buddagan, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan selama 1 bulan, terhitung sejak tanggal 26 Desember 2018 sampai 27 Januari 2019. Banyak program yang telah laksanakan di Desa Buddagan, dari program individu sampai program bersama yang telah lakukan dengan susah maupun senang.

Untuk mengakhiri kegiatan KKN Tematik di Desa Buddagan, kami mengadakan salah satu kegiatan program jalan sehat sebagai acara penutup, sekaligus sebagai tempat untuk berpamitan kepada masyarakat Buddagan secara langsung. Jalan sehat merupakan Jalan santai yang biasanya dilakukan pada pagi hari yang dapat menyehatkan tubuh dan membuat badan menjadi segar. Banyak manfaat ketika kita melakukan jalan sehat yaitu memperkuat jantung, ternyata juga menjaga berat badan, mencegah osteoporosis, memperkuat kaki, meningkatkan kadar vitamin D, dan masih banyak manfaat lainnya.


Program kegiatan jalan sehat tersebut dilaksanakan pada hari Minggu 27 Januari 2019 dengan mengambil tema ”Seribu Langkah Menuju Kebersamaan” yang didukung dengan berbagai banyak sponsor yang salah satunya  Hotel Frontone, Hotel Odaita, XL Axiata, dan sebagainya. Dengan adanya banyak sponsor ini sangat meringankan beban anggaran. Selain itu, dengan adanya kegiatan jalan sehat ini dapat menjadi salah satu kegiatan yang menumbuhkan semangat sehat masyarakat di Desa Buddagan.

Bapak Zainor Rahman selaku Klebun Desa Buddagan, mengibarkan bendera sebagai tanda telah dimulainya nya acara jalan sehat.  Dalam kegiatan ini diikuti oleh peserta sebanyak kurang lebih 1000 peserta yang diikuti masyarakat dari 7 dusun di Desa Buddagan yang ikut meramaikan kegiatan jalan sehat tersebut.
Adanya acara ini bertujuan supaya ada rasa kekeluargaan dan mempererat rasa kebersamaan antar masyarakat Desa Buddagan dan meningkatkan tingkat kesehatan dan kebugaran warga. Kegiatan jalan sehat yang diikuti oleh ini diharapkan dapat menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan dengan olahraga yang salah satunya adalah dengan senam yang berguna untuk melenturkan otot-otot.
Acara jalan sehat dimulai pukul 06.30-11.00, namun sebelum melaksanakan jalan sehat, peserta diminta untuk melakukan pemanasan yaitu dengan senam bersama terlebih dahulu untuk melemaskan otot-otot agar tidak terjadi cidera seperti keseleo. Dalam kegiatan jalan sehat ini, kami banyak menyediakan doorprice dari yang kecil sampai yang besar. Dalam kegiatan jalan sehat ini hadiah utamanya adalah sebuah cincin emas. Untuk rute jalan sehat yaitu mengelilingi Desa Buddagan dan finish juga di tempat yang sama. Saat para peserta jalan sehat sampai di pos yang ditentukan, peserta diminta untuk memasukkan kupon ke dalam kotak untuk diundi sebagai syarat mendapatkan doorprice
Setelah peserta  menyelesaikan jalan sehat, maka acara pembagian doorprice pun dimulai, dengan cara mengundi nomor peserta secara acak dan mengambil satu kupon lalu dipanggil nomor yang muncul pada kupon yang diacak tersebut, dan  disebutlah angka yang keluar dari acakan undian lalu dipanggil, maka nomor yang dipanggil itulah yang berhak mendapatkan dorprise. Doorpricenya pun bermacam-macam, alat mandi, alat masak, perlengkapan rumah tangga, dan masih banyak lagi. Acara pembagian doorprice pun diselingi dengan live musik orgen tunggal sehingga masyarakat terhibur, apalagi dengan adanya hadiah utama sebuah cincin emas. 
Menurut kelompok KKN kami, program jalan sehat ini adalah program yang paling berhasil dan meriah karena dapat membuat masyarakat Buddagan ikut serta dan berperan dalam meramaikan nya. Kami, KKN UTM 50 berharap supaya kegiatan jalan sehat yang ada di Desa tersebut selalu ada untuk menghidupkan  dan menggiatkan masyarakat Desa Buddagan.



0 komentar:

Posting Komentar

 
Desa Buddagan © 2019. Supported by KKN 50