Kamis, 24 Januari 2019

Penanaman Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dan Tanaman Hias Bersama Ibu PKK beserta Anak-Anak Paud Desa Buddagan

0 komentar
Penanaman Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dan Tanaman Hias Bersama Ibu PKK beserta Anak-Anak Paud Desa Buddagan



Pamekasan - Salah satu program kerja KKN Tematik UTM 2018/2019 di bidang lingkungan hidup, yaitu melakukan kegiatan penanaman Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dan tanaman hias. Kegiatan penanaman TOGA dan tanaman hias ini dilaksanakan pada tanggal 24 Januari 2019 oleh mahasiswa KKN beserta ibu-ibu PKK dan anak-anak Paud Desa Buddagan ditaman pintar yang telah dibuat.

Toga merupakan akronim dari tanaman obat keluarga, toga memiliki banyak jenis di antaranya ; tanaman jahe,tanaman kunyit, tanaman temulawak, tanaman temu ireng, tanaman serre, dan tanaman sirih. Dari beberapa jenis tanaman obat tersebut merupakan jenis toga yang kami tanam di taman pintar. Sedangkan untuk tanaman hiasnya bermacam-macam jenisnya ada tanaman bunga mawar, bugenvil, tanaman bunga kamboja dan sebagainya.



Dalam pelaksanaannya KKN 50 UTM menggandeng komunitas ibu-ibu PKK Desa Buddagan untuk turut berpartisipasi dalam penanaman toga tersebut. Sedangkan anak-anak Paud melakukan penanaman tanaman hias. Selain penanaman tanaman hias, penanaman obat keluarga ini dirasa juga penting mengingat tanaman-tanaman yang ditanaman pada kebun toga seperti kunyit, jahe, temulawak, kencur, serai dll  ini berkhasiat menjadi obat herbal yang dapat menyembuhkan penyakit seperti flu, batuk dan lain sebagainya. Jadi bias dikatakan lahan toga memiliki fungsi sebagai apoteker herbal yang dapat dikelola oleh setiap masyarakat. 

Dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperindah taman dan membuat apotek hidup yang dapat digunakan sebagai obat tradisional yang nantinya berguna untuk keperluan masyarakat di Desa Buddagan. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan cinta lingkungan pada anak sejak usia dini serta mengajak kepada warga desa untuk mengembangkan tanaman obat keluarga di pekarangan rumah, untuk keperluan pribadi. Sehingga warga dapat memanfaatkan pekarangan rumah untuk dijadikan apotek hidup.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Desa Buddagan © 2019. Supported by KKN 50