Rabu, 23 Januari 2019

Potensi Pertanian di Desa Buddagan

0 komentar
Potensi Pertanian di Desa Buddagan


Sektor pertanian merupakan salah satu potensi unggulan yang memberi kontribusi terhadap perekonomian warga masyarakat Desa Buddagan, hal ini didukung dengan pemberdaya lahan yang luas.Desa Buddagan memiliki lahan pertanian dengan luas 83,00 ha/ m² dari luas wilayah 1970 ha/ m². Dimana pertanian di Desa Buddagan dapat dikatakan cukup baik, hal  itu terlihat masih banyaknya lahan yang dimanfaatkan sebagai lahan pertanian. Selain itu di dukung juga oleh keadaan tanah Desa Buddagan yang cukup subur, sehingga potensi pertanian di Desa Buddagan sangat prospektif untuk kedepannya. 

Petani yang ada di Desa Buddagan kebanyakan masih menggunakan sistem tradisional dan sama sekali belum sepenuhnya menggunakan teknologi tepat guna dalam artian dari kepemilikan alat teknologi juga memang belum dimiliki oleh petani yang ada di Desa Buddagan, hanya saja pada pola pembajakan sawah petani di Desa Buddagan telah menggunakan teknologi berupa tracktor dengan berbagai tipe. Komoditas hasil pertanian yang terdapat di Desa Buddagan antara lain: komoditas padi, jagung,tembakau, dan sebagainya.

Untuk penanaman tembakau dari Desa Buddagan secara kuantintas terbilang besar, sampai sekarangpun tembakau menjadi pilihan utama dalam sektor ekonomi masyarakat Desa Buddagan. Pemasaran untuk hasil tembakau dilakukan kepada tengkulak atau ada yang mengambil barangnya dan hasil panen untuk tembakau. Kendala dalam penanaman tembakau yaitu terserang hama. Solusi para petani yaitu mengatasi hal tersebut dengan memberikan pupuk pestisida dengan cara menyemprot daunnya.


Hasil pertanian di Desa Buddagan selain untuk dijual, juga banyak di konsumsi sendiri artinya hasil pertanian mereka tidak secara komersil (tidak untuk dijual hanya untuk memenuhi kebutuhan sendiri), khususnya untuk tanaman padi hasil panennya tidak untuk dijual saja namun juga ada untuk konsumsi pribadi dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tetapi untuk komoditas tamanan lainnya seperti tembakau dan jagung hasil panennya dijual kepada tengkulak yang sistemnya borongan. Kami berharap  kedepan petani yang ada di Desa Buddagan akan lebih maju dan dapat meningkatkan hasil panennya.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Desa Buddagan © 2019. Supported by KKN 50